Gatutkoco Luweng

Dari perkawinan Gatutkaca dan Pergiwa lahirlah seorang putra bernama Sasi Kirana.

Dari perkawinan Gatutkaca dan Pergiwa lahirlah seorang putra bernama Sasi Kirana. Namun, kebahagiaan mereka terusik kala Putra Mahkota Hastina Pura, Lesmana Mandrakumara, ingin memperistri Pergiwa.

Untuk memboyong Pergiwa ke Kerajaan Hastina Pura, Lesmana mengatur siasat. Ia berpura-pura mengajak main Sasi Kirana, kemudian membawanya pergi. Pergiwa pun menyusul kepergian putranya. Di tengah jalan ia bertemu dengan para Kurawa yang kemudian memboyongnya ke Kerajaan Hastina Pura, sedangkan Sasi Kirana diberikan kepada Patih Sengkuni.

Gatutkaca yang sedang sakit mendengar kabar penculikan istri dan putranya. Ia pun segera menyusul untuk meminta kembali Pergiwa dan Sasi Kirana. Terjadilah pertempuran. Sengkuni yang licik menyuruh para Kurawa untuk membuat sebuah luwengan ‘lubang’. Ketika Gatutkaca jatuh ke dalam luwengan, para Kurawa menimbunnya dengan batu.

Bagaimanakah nasib Gatutkaca selanjutnya? Apakah Lesmana berhasil memperistri Pergiwa? Dan bagaimana nasib Sasi Kirana di tangan Sengkuni?