Tentang

Wayang Bharata

Wayang Orang (WO) Bharata berdiri di Jakarta pada 5 Juli 1972 dan menaungi lebih dari seratus penari, pengrawit dan sinden yang selama beberapa generasi telah malang melintang di panggung seni tradisional.

TENTANG WAYANG ORANG BHARATA

Wayang Orang Bharata telah berdiri semenjak tahun 1963 dengan nama Kesenian Wayang Orang Panca Murti dan berpusat di gedung Realto Theather, kawasan Senen, Jakarta Pusat, yang saat ini telah berubah nama menjadi gedung Wayang Orang Bharata.

Pada 5 Juli 1972, nama Kesenian Wayang Orang Panca Murti diubah menjadi Wayang Orang Bharata (WOB) hingga kini. WOB menaungi seratus lebih penari, pengrawit dan sinden lintas generasi. WOB menampilkan pertunjukan secara rutin tiap akhir pekan.

Gedung WOB mengalami pemugaran besar di tahun 2000 hingga 2004, dan kini tampilan gedung WOB di bilangan Senen, Jakarta Pusat ini sangat mumpuni. WOB juga memiliki layar elektronik di atas panggung guna teks subtitel Bahasa Indonesia untuk tiap pertunjukan.

WOB tidak hanya menampilkan pertunjukan rutin, tetapi juga terbuka untuk kolaborasi dengan berbagai pihak dalam berbagai bentuk. Salah satunya adalah latihan tari klasik Jawa yang diperuntukan bagi semua usia.